DPRD Gelar Diskusi, Bersama Media Merawat Nusantara

Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto , saat membuka acara Diskusi bersama media

Kediri-Bertempat di ruang Graha Sabha Canda Bhirawa, DPRD Kabupaten Kediri mengadakan kegiatan Diskusi Tematik Pimpinan DPRD dengan para insan media pers dengan tema ”Bersama Media, Merawat Nusantara”. Kegiatan diskusi DPRD bersama media ini dibuka langsung oleh Dodi Purwanto selaku Ketua DPRD Kabupaten Kediri, yang pada kesempatan ini turut didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Drs. Sigit Sosiawan, SE, yang turut hadir bersama Ketua Komisi I, Ketua Komisi II dan Ketua Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Kediri, Rabu (27/4/22).

Jalannya diskusi dipandu oleh Mega Wulandari dari Direktur Koran Memo sebagai moderator, serta para narasumber dari tokoh media pers dari Kediri, yaitu Rofik Huda Direktur Radio Andika, Bambang Iswahyoedi Ketua PWI Kediri, Roma Duwi Juliandi Ketua IJTI Kediri dan Novika Dian Nugroho perwakilan dari AJI Kediri. Kegiatan diskusi ini dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19 yang ketat, yaitu membatasi kapasitas ruangan untuk memenuhi social distancing, mewajibkan semua peserta memakai masker dan menggunakan hand sanitiser saat memasuki tempat acara.

Dalam sambutan pembukaannya, Ketua DPRD menyampaikan bahwa diskusi dengan tema Bersama Media, Merawat Nusantara ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi insan media pers untuk turut serta berpartisipasi menjaga persatuan dan kesatuan  bangsa dalam upaya bersama merawat nusantara, utamanya dalam penyebarluasan informasi yang terpercaya kepada masyarakat. Semakin maraknya penyebaran informasi yang tidak jelas atau hoax, merupakan fenomena yang meresahkan masyarakat serta dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa serta merongrong keutuhan nusantara. Pada era digital modern ini, semakin mudahnya berita-berita hoax yang beredar di tengah masyarakat, menjadi tantangan dan rintangan yang besar bagi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam menjaga dan merawat keutuhan nusantara.

“Berita-berita hoax yang beredar di tengah masyarakat jika dibiarkan dan tidak ditangani bersama akan menimbulkan gejolak dan keresahan masyarakat. Disinilah diperlukan peran, partisipasi dan komitmen bersama dari kita semua, terutama dari rekan-rekan media untuk menjalin hubungan yang harmonis dan sinergis antara media dengan masyarakat untuk mencegah penyebarluasan berita hoax guna mendukung terciptanya situasi dan kondisi masyarakat yang kondusif, serta sebagai wujud nyata upaya bersama dalam memelihara persatuan dan kesatuan bangsa demi keutuhan nusantara tercinta ini” terang Dodi.

Selanjutnya setelah sambutan pembukaan oleh Ketua DPRD, para narasumber memberikan paparan secara bergantian tentang materi seputar peran media baik media cetak, online, televisi dan radio dalam upaya bersama merawat keutuhan nusantara. Diskusi DPRD bersama insan media pers ini berlangsung hangat dalam sesi tanya jawab dengan peserta diskusi. Pada kesempatan terakhir diskusi ini ditutup dengan sesi ceramah keagamaan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan.(adv)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.