Kediri- Sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas media, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Kediri, melaksanakan kegiatan Capacity Building dan Media Gathering tahun 2024. Acara tersebut dilaksanakan selama dua hari. Yakni mulai Selasa hingga Rabu, 24-25 September 2024 di Bandung.
Data yang dihimpun,kegiatan tersebut melibatkan sebanyak 37 wartawan. Yang tersebar mulai wartawan dari Blitar, Tulungagung, Kediri, Pacitan, Ponorogo dan Madiun. Mereka semua mendapat materi bagaimana cara penulisan berita ekonomi yang baik,mudah dicerna dan diminati pembaca.
Sementara untuk pemateri, KPwBI Kediri mendatangkan redaktur pelaksana CNBC Indonesia, yaitu Maikel Jefriando.
Kepala BI Wilayah Kediri, Yayat Cadarajat,dalam sambutanya menjelaskan kalau, situasi ekonomi yang dinamis seperti saat ini, peran media sebagai pilar informasi sangat krusial dalam membantu masyarakat memahami berbagai isu dan kebijakan ekonomi dengan lebih jelas.
“Konsumsi informasi masyarakat yang sangat tinggi didorong maraknya perkembangan pemberitaan melalui kanal digital yang dapat diakses kapan saja oleh masyarakat. Maka dari itu kebutuhan akan kualitas penulisan berita menjadi hal penting karena dapat mempengaruhi persepsi pembaca,” ucap Kepala BI Kediri, Yayat Cadarajat.
Lebih lanjut, sehubungan dengan hal tersebut Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri menyelenggarakan kegiatan capacity building dan media gathering tahun 2024 sebagai upaya peningkatan kapasitas dan kompetensi wartawan utamanya dalam penulisan berita ekonomi.
Sehingga, kedepan rekan rekan wartawan semakin menyajikan berita ekonomi yang tidak hanya informatif, tetapi juga mudah dipahami oleh masyarakat luas.
“Penulisan berita ekonomi yang efektif juga mendukung kualitas jurnalisme yang tinggi dan integritas media. Wartawan yang terampil dalam mengolah data ekonomi dan menyampaikan berita dengan perspektif yang berimbang dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap media,” ujarnya.
Dirinya juga mengutarakan, selain sebagai upaya peningkatan kompetensi, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi dan mempererat hubungan antara Bank Indonesia dan media.
“Kami percaya bahwa melalui sinergi yang kuat, kita dapat menciptakan suasana yang kondusif dalam penyampaian informasi yang berkualitas kepada masyarakat sehingga turut berkontribusi mendorong pertumbuhan ekonomi,” pungkasnya.(bd)
Tinggalkan Balasan