Kediri-Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispenduk Capil) Kota Kediri menggelar sosialisasi Dukcapil Go Digital yang bertempat di Ballroom Hotel Lotus Garden, Rabu (25/9). Sosialisasi ini dilakukan agar masyarakat memiliki pemahaman yang sama tentang peran penting administrasi kependudukan seperti kepemilikan e-KTP, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, Akte Kematian, Akte Perkawinan, dan sebagainya.
Wakil Walikota Kediri yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan sosialisasi DispendukCapil Go Digital menunjukkan komitmen serta upaya Pemerintah Kota Kediri dalam mewujudkan nawacita pertama pemerintah yaitu menghadirkan negara untuk memberikan rasa aman dan perlindungan terhadap hak-hak sipil penduduk. Salah satunya dengan pelayanan penertiban dokumen kependudukan termasuk pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil.
“Telah kita ketahui bahwa Indonesia sadar adminduk atau Gisa yang dicanangkan menteri dalam negeri Tahun 2018 lalu, saat ini sudah dapat kita rasakan manfaatnya dalam berbagai hal. Di awal Tahun 2019, Menteri Dalam Negeri juga telah melaunching program baru yaitu Dukcapil Go Digital. Program ini diluncurkan untuk memberikan layanan yang cepat, mudah dan aman kepada masyarakat. Dukcapil juga dituntut untuk terus meningkatkan kualitas layanan dengan menggunakan inovasi yang berbasis TI. Seluruh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dimanapun harus menggunakan Tanda Tangan Elektronik (TTE) untuk menertibkan dokumen kependudukan warganya,” ujarnya.
Ning Lik lebih lanjut mengajak masyarakat agar bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman. “Kemajuan dunia pada teknologi digital dalam kehidupan kita memang tidak bisa dihindari. Mau tidak mau kita harus bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman. Digitalisasi jangan hanya dijadikan untuk bisa up date saja, namun harus bisa kita manfaatkan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Karena di zaman modern yang serba cepat dan praktis, masyarakat ingin dimudahkan dalam segala urusannya. Mereka tidak mau ribet bila mengurus sesuatu. Pelayanan yang cepat, mudah dan transparan itulah yang dikehendaki. Oleh karena itu, mari kita bangun tata kelola pemerintah yang efektif, efisien, pelaksanaan reformasi birokrasi yang cepat, terukur, terarah serta pelayanan yang inovatif dengan mengedepankan pola pikir dan cara kerja yang serba digital,” ungkapnya.
Dihadapan ratusan peserta sosialisasi, Ning Lik mengharapkan program Dukcapil Go Digital dapat semakin mendekatkan komitmen pemerintah untuk menerapkan _Single Identity Number_ (SIN). Selain itu, saya berharap percepatan dokumen kependudukan tertib administrasi segera terselesaikan untuk mendukung tercapainya _tagline_ Pemerintah Kota Kediri yaitu Harmoni Kediri _The Service City_ ,” harapnya.
Tiga narasumber dalam kegiatan sosialisasi ini yaitu dari Dispendukcapil Kota Kediri, Kemenang Kota Kediri dan Imigrasi Kota Kediri. Hadir pula dalam kegiatan ini Perwakilan OPD, Perwakilan Camat, Lurah se-Kota Kediri dan Perwakilan RT/RW di Kota Kediri.(bad)
Tinggalkan Balasan