Kediri-Bank Indonesia sebagai otoritas sistem pembayaran memiliki misi untuk mewujudkan sistem pembayaran yang aman, efisien, lancar dan andal dengan memperhatikan perluasan akses dan perlindungan konsumen. Dalam rangka mendukung upaya penanggulangan COVID-19 yang dilakukan oleh Pemerintah, Bank Indonesia berkomitmen untuk senantiasa menjaga kelancaran layanan sistem pembayaran dan transaksi keuangan sehingga kegiatan ekonomi dan keuangan nasional dapat terselenggara dengan baik.
Di bidang pengelolaan uang rupiah,pada bulan Ramadhan tahun ini dengan memperhatikan aspek kemanusiaan dan kesehatan masyarakat dalam memitigasi penyebaran COVID-19, komitmen Bank Indonesia di dalam memenuhi kebutuhan uang rupiah di masyarakat dalam jumlah nominal yang cukup, jenis pecahan yang sesuai, tepat waktu dan keadaan layak edar, tetap dapat direalisasikan melalui layanan penukaran Uang Pecahan Kecil (UPK)kepada masyarakat yang hanya disediakan melalui loket perbankan. KPwBI Kediri telah berkoordinasi dengan perbankan, agar pada Ramadhan tahun ini kegiatan layanan penukaran UPK harus sesuai dengan protokol yang telah ditetapkan pemerintah dengan senantiasa mengedepankan penggunaan masker, pemindaian suhu tubuh,dan penerapan physical distancing di area perbankan.
Lebih lanjut, KPwBI Kediri menyiapkan strategi khusus untukpemenuhan penukaran uang dalam masa pandemi ini yaitu dengan mendorong masyarakat untuk menggunakan transaksi penukaran uang non tunai melaluipemanfaatan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Mengapa perlu strategi khusus? Karena dalam kegiatan penukaran UPK tahun sebelumnya, umumnya layanan penukaran UPK kepada masyarakat dilakukan dengan menukarkan uang yang ada di rumah, uang yang di tarik dari mesin ATM, atau mendebet uang pada rekening tabungan. Dengan menggunakan QRIS pada Ramadhan tahun ini, diharapkan kontak antara masyarakat dengan pegawai bank melalui media uang yang disetor untuk ditukarkan, atau melalui kartu ATM dan mesin EDC ketika transaksi pendebetan tabungan, ataupun melalui formulir penukaran menjadi semakin berkurang.
Alhamdulillah, pada hari ini, kita di Kota Kediri patut bersyukur karena PT Bank Jatim Kediri telah menginisiasi layanan penukaran UPK dengan menggunakan QRIS. Layanan ini dapat diakses oleh nasabah PT Bank Jatim yang telah memiliki aplikasi mobile banking.Cukup memilih menu QRIS dan selanjutnya men-scan QRIS yang tersedia di meja teller kemudian menyampaikan jenis pecahan yang diinginkan, nasabah akan menerima jenis pecahan uang yang diperlukan.
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kediri, Bp. Sofwan Kurnia, menyampaikan bahwa QRIS dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi, termasuk penukaran.Masyarakat dihimbau dan dipersilahkan untuk memanfaatkan kelebihan QRIS untuk kemudahan dalam bertransaksi.(bad)
Tinggalkan Balasan