DPRD Setujui Raperda Pertanggungjawaban APBD TA 2020

KEDIRI – DPRD Kabupaten Kediri menyetujui Raperda Pertanggungjawaban APBD TA 2020 yang sudah dilaksanakan. Persetujuan itu dilakukan pada Rapat Paripurna dengan agenda ‘Persetujuan Bedrsama atas Raperda Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020’ di  Ruang Graha Sabha Candha Bhirawa, Selasa (29 Juni 2021).

Mengingat hingga saat ini pandemi covid-19 masih belum mereda, rapat paripurna ini tetap dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan covid-19, yaitu hanya dihadiri secara fisik langsung oleh Pimpinan dan Anggota DPRD di ruang rapat paripurna dengan penerapan social distancing pengaturan jarak tempat duduk dan wajib menggunakan masker.

Sedangkan peserta rapat paripurna dari Pemkab Kediri dihadiri secara fisik langsung oleh Sekretaris Daerah, bersama Asisten dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah. Sementara para kepala SKPD mengikuti rapat paripurna ini melalui video conference di tempat kerja masing-masing.

Rapat Paripurna kali ini dipimpin Dodi Purwanto, Ketua DPRD Kabupaten Kediri, dengan didampingi oleh 2 (dua) orang Wakil Ketua yaitu Drs. H. Sentot Djamaluddin dan Muhaimin. Dalam sambutannya, pimpinan rapat sebelum meminta persetujuan kepada seluruh anggota DPRD, menyampaikan 2 (dua) kesimpulan rapat pembahasan bersama atas Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2020.

Pertama, berdasarkan Laporan Badan Anggaran, yang telah mendapat masukan dari Fraksi-Fraksi, pada prinsipnya DPRD dapat memahami dan menyetujui materi Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020 yang sudah dibahas bersama-sama DPRD dan Pemerintah Daerah.

Kedua, Badan Anggaran secara teknis dan perangkaan telah melakukan pembahasan dengan cermat terhadap draf laporan keuangan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020 beserta Raperdanya. Badan Anggaran juga sudah memberikan saran-saran konstruktif baik kepada Bupati maupun DPRD, untuk peningkatan kinerja keuangan daerah pada tahun anggaran sekarang, maupun pada masa yang akan datang. “DPRD melalui Badan Anggaran sudah memberikan saran-saran konstruktif kepada Pemerintah Daerah, untuk peningkatan kinerja keuangan daerah pada tahun anggaran sekarang, maupun pada masa yang akan datang.” terang Dodi Purwanto, Ketua DPRD.

Sebelum menutup rapat paripurna, Pimpinan DPRD menyampaikan terima kasih kepada Badan Anggaran dan Pemerintah Daerah, serta seluruh peserta rapat atas kerja sama dan perhatiannya, sehingga memungkinkan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020 tersebut bisa mendapatkan persetujuan bersama, sebelum batas waktu yang ditentukan oleh undang-undang.

Tak lupa Pimpinan DPRD juga menyampaikan permohonan maaf, apabila dalam penyelenggaraan rapat-rapat pembahasan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020 terdapat kekhilafan maupun kekurangan.(mam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *