Mas Bup Serahkan Hadiah Langsung 9th Koi Show Bupati Cup

Mas Bup serahkan langsung juara kontes ikan Koi

Kediri-Sangat luar biasa, kontes ikan koi bertaraf nasional telah sukses digelar di Kabupaten Kediri. Kontes ikan yang bertajuk 9th Koi Show Bupati Cup digelar di Convention Hall Simpang Lima Gumul dengan menerapkan protokol kesehatan.

Agung Wibowo selaku panitia menjelaskan, kegiatan ini bisa digelar karena sudah mengantongi ijin, namun dengan catatan harap mematuhi protokol kesehatan. Bahkan seluruh peserta wajib menunjukkan surat swab antigen kepada panitia.

“Tahun ini peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 400 peserta dengan jumlah ikan kontes sebanyak 2.477 ekor dan ini merupakan pemecahan rekor terbanyak untuk jumlah ikan,” jelas Agung Wibowo.

Peserta hadir dari berbagai daerah di Indonesia bahkan ada yang terjauh dari Makasar, Kalimantan dan Papua. Ikan koi yang dilombakan jenisnya sangat beragam dan yang paling istimewa tetap Kelas Gosanke yaitu Kohaku, Sanke dan Showa. Selain karena warna lebih indah, penghobinya juga lebih banyak dan prospek meningkat,” jelasnya.

Ada 9 kategori ikan koi yang dilombakan, yaitu ada Junior Champions, Mini Champions, Baby Champions, Young Champions, dan Green Champions. Untuk Green Champions ukurannya 56-65 Cm.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 26, 27 dan 28 Maret 2021 mendapatkan apresiasi dari Mas Bup Hanindhito Himawan Pramana yang hadir menyerahkan piala kepada juara umum. Untuk juara umum disabet oleh Heru Santoso dari Nisikigoi Magetan.

“Kabupaten Kediri memang sangat dikenal dengan sentra ikan Koi, tapi masih kalah oleh tetangga kita. Tetapi saya harapkan beberapa tahun kedepan bisa menjadi nomer satu sebagai sentra ikan koi,” kata Mas Bup.

“Bagaimana kecintaan masyarakat dengan ikan hias terutama ikan koi, jumlah populasinya puluhan ribu. Nilai ekonomis para pembudidaya ikan koi sendiri bisa mencapai ratusan milyar, artinya sangat disayangkan jika tidak diperhatikan” ujarnya lebih lanjut.

“Saya sebagai Bupati Kediri sangat mensuport seluruh kegiatan seperti kontes ikan koi ini yang juga dapat mengenalkan salah satu potensi Kabupaten Kediri ke tingkatnasional,” pungkasnya. (adv/kom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *