Dana BSPS Di Terima 14 Warga Tegalan

Kediri – Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dengan Bank Mandiri melaksanakan verifikasi data dan serah terima buku tabungan penerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). BSPS merupakan program yang diberikan oleh Kementerian PUPR untuk memberikan rumah layak huni bagi masyarakat miskin.

Bertempat di salah satu lokasi penyerahan di Balai Desa Tegalan Kecamatan Kandat, penerima bantuan yang hadir wajib menjalankan prokes covid-19 dengan memakai masker, menjaga jarak dan memakai hand sanitizer, (24/5).

Dini, selaku pihak pendamping BSPS menyampaikan, buku tabungan ini diserahkan langsung dari Bank Mandiri kepada penerima bantuan. Syarat untuk mengambil buku tabungan hanya membawa KTP dan KK asli. Jika ada yang berhalangan hadir, panitita akan datang ke rumah penerima.

Para penerima mendapatkan bantuan senilai 20 juta rupiah, dengan rincian 17,5 juta rupiah untuk material bangunan dan 2.5 juta rupiah untuk ongkos tenaga kerja. Sedangkan proses pembangunan akan didampingi oleh tenaga fasilitator lapangan yang ditunjuk oleh pejabat pembuat komitmen (PPK) di masing-masing daerah untuk meningkatkan kualitas rumah tidak layak huni. Adapun tugas dari tenaga fasilitator lapangan mulai dari sosialisasi, identifikasi kebutuhan, pelaksanaan pembangunan, sampai pemanfaatan rumah tersebut.

Kepala Desa Tegalan, Mujio Slamet mengatakan, total penerima bantuan ada 15 orang, tetapi 1 orang mengundurkan diri. Warga penerima bantuan adalah keluarga yang memiliki rumah tidak layak huni dan perekonominya kurang mampu.

“Kami selaku pemerintah Desa Tegalan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kediri yang memberikan program BSPS ini. Semoga bermanfaat kepada masyarakat penerima bantuan,” ucap Kades Tegalan. (Kom/bad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *