Pemkab Kediri Tertibkan Pasar Patuhi Protokol Kesehatan

Petugas Satpol PP saat menertibkan penjual dan pengunjung pasar yang tidak memakai masker

Kediri-Tingkat kepatuhan warga untuk mengenakan masker perlu ditingkatkan, terutama di kalangan penjual dan pembeli di pasar tradisional. Saat melakukan sidak dan penertiban, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kediri mendapati warga yang tidak menerapkan protokol kesehatan di pasar, (20/7/2020).

Kegiatan dimulai pukul 08.30 WIB dan langsung menuju sasaran yang pertama yaitu pasar tradisional di Kec. Ngadiluwih. Dengan menggunakan pengeras suara, petugas memberikan himbauan kepada pengunjung pasar untuk memakai masker dan jaga jarak.

Kemudian petugas juga memberikan pengertian kepada koordinator pasar untuk menyediakan tempat-tempat cuci tangan bagi pengunjung. Mereka diminta untuk tegas kepada pengunjung, baik pedagang ataupun pembeli untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Kalau ada yang masuk pasar tidak pakai masker disuruh pulang saja atau beli masker dahulu,” saran Tony Subianto, Kepala Seksi Operasi dan Pengendalian Satpol PP Kab. Kediri kepada koordinator pasar.

Petugas Satpol PP juga tak segan menghentikan kendaraan yang masuk pasar tidak pakai masker. Tujuannya agar masyarakat patuh terhadap himbauan pemerintah untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Perlu diwaspadai bersama bahwa penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kediri masih banyak, kami tidak ingin ada klaster baru jika warga tetap bandel. Jika sampai terjadi kasus positif, pasar akan ditutup selama beberapa hari,” terang Tony.

Sidak dilanjutkan ke pasar tradisional Kecamatan Kras dan Pasar Sambi. Disana juga masih ada pengunjung yang tidak menghiraukan himbauan dari petugas. Petugas langsung menyuruh mereka membeli atau mengambilnya di rumah.

Koordinator pasar Neni Suyanti mengatakan, dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti ini petugas pasar tak henti-hentinya memberikan himbauan kepada semua pengunjung. “Setiap hari terus kami awasi dengan berkeliling pasar agar pengunjung patuh. Jangan sampai masker hanya dipakai saat ada petugas, tetapi saat tidak ada, masker banyak yang dilepas. Kesadaran itulah yang masih kurang,” katanya.

Ditemui usai kegiatan, Tony Subianto menambahkan bahwa yang menentukan Kab. Kediri bersih dari Covid -19 adalah kita sendiri. “Selama kita mematuhi protokol kesehatan dengan baik maka wilayah Kab. Kediri akan segera masuk zona hijau. Dengan demikian aktivitas daapt segera normal dan perekonomian segera pulih kembali,” ujarnya.

Selain di dua pasar, petugas juga mengecek lokasi Wisata Alaska di Kecamatan Wates. Pemerintah Kab. Kediri belum memberikan izin atas dibukanya tempat-tempat wisata. Hendaknya kawasan wisata ditutup dahulu untuk meminimasilir penyebaran Covid-19. Kegiatan seperti ini akan terus dilakukan dalam upaya memutus mata rantai Covid 19.

“Kita akan tegas menindak pengunjung yang tidak pakai masker, karena obat Covid-19 yang paling utama adalah pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak,” pungkasnya. (Adv/Kom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *