Antisipasi Corona, RS Kota Kediri Sediakan Ruang Isolasi

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri, dr.Fauzan Adhima saat jelaskan antisipasi virus Corona

Kediri- Sebagai wujud untuk mengantisipasi merebaknya virus Corona, Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Kesehatan Kota Kediri sudah mengambil beberapa langkah. Diantaranya menyediakan ruang isolasi di seluruh rumah sakit yang ada di Kota Kediri.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri dr. Fauzan Adima menjelaskan kalau saat ini sudah memberikan surat edaran pada setiap rumah sakit yang ada di Kota Kediri untuk menyediakan minimal satu ruang isolasi bagi seseorang yang terjangkit virus Corona.

Dan untuk rumah sakit rujukan, Pemerintah Kota Kediri menunjuk RSUD Gambiran. Selain itu di Gambiran juga sudah menyediakan 3 ruang isolasi lengkap dengan dokter,perawat yang menanganinya. ” Untuk dokter sudah kita siagakan,” ujarnya.

dr.Fauzan juga menghimbau kepada masyarakat agar tenang dan tidak panik. Selain itu juga harus waspada dan mengantisipasi kalau mengalami gejala demam,batuk, disertai kesulitan bernafas,segera memeriksakan ke RS terdekat.

“Gejala yang muncul pada Flu Corona ini mirip dengan Pneumonia pada umumnya. Diantaranya, demam, lemas, batuk kering , pilek dan sesak nafas. Perlu diwaspadai pada orang dengan Usia Lanjut dan Balita,” katanya dalam pres rilis.

Menurut Fauzan, masa inkubasi pada penyakit ini belum diketahui secara pasti , namun rata-rata gejala timbul setelah 2-14 hari. Metode transmisi belum diketahui dengan pasti pula. Awalnya virus ini diduga bersumber dari hewan, namun ternyata telah di temukan penularan dari manusia ke manusia.

“Terkait pencegahan, sampai saat ini belum ada vaksin untuk mencegah penyakit ini karena pneumonia pada kasus outbreak saat ini di sebabkan oleh Coronavirus jenis baru,”kata dia.(bad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *