KADIN Award Dorong Sociopreneur

KEDIRI – Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Kota Kediri kembali menggelar KADIN Award 2019, Senin (16/12) bertempat di Ballroom Lotus Garden Hotel. Berbeda dari tahun sebelumnya, pada tahun ini KADIN Award mengangkat tema Sociopreneur.

Dalam sambutan Walikota Kediri yang dibacakan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Kediri Yetty Sisworini, memyambut baik acara ini. KADIN Award merupakan media untuk memotivasi para enterpreneur Kota Kediri agar semakin berdikari dalam mengembangkan usaha. “Saya berharap kegiatan awarding ini terus diselenggarakan agar semakin banyak masyarakat Kota Kediri yang semangat untuk menjadi seorang sociopreneur. Sociopreneur bukan hanya pengusaha yang mengambil keuntungan semata. Namun keberadaannya membawa dampak positif terhadap sosial. Baik lingkungan, kesehatan, hingga pendidikan serta berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan banyak orang,” ungkapnya.

Yetty menambahkan di tahun 2017 pertumbuhan ekonomi Kota Kediri non industri tembakau mencapai 7,02% atau meningkat 0,80% dari tahun sebelumnya sebesar 6,22%. Di tahun 2018 Kota Kediri juga berhasil menekan angka kemiskinan sebesar 7,68%. Penurunan kemiskinan di Kota Kediri ini di bawah capaian nasional sebesar 9,82% dan Jawa Timur sebesar 10,98%.

“Ini menunjukkan bahwa UMKM di Kota Kediri benar-benar menguat dan berperan strategis memerangi kemiskinan dan pengangguran. Dengan jumlahnya yang mencapai 38.806 usaha berdasarkan Sensus Ekonomi 2016. “Saya berharap sesuai arahan Bapak Presiden bahwa kita harus bersatu padu menumbuhkan perekonomian. Kita berharap perusahaan swasta yang ada di Kota Kediri harus bisa bergabung dengan KADIN. Saya punya target 15.000 wirausahawan baru harus tumbuh di Kota Kediri. Mudah-mudahan tercapai,” pungkasnya.

Sementara itu, beberapa pemenang dalam KADIN Award 2019 sebagai berikut. Dalam kategori Sociopreneur juara I diraih Nunung Wiwin Ariyanti dari Numansa Batik, juara II Yuyun Tri dari Coklat Ibuke, juara III Devan Pramandika dari Curos Ziho, juara harapan I Linda Kartika dari LPK Kusuma dan juara harapan II Sri Wahyuni dari Asyifa Kripik.

Sementara untuk Media Peduli UMKM diraih oleh Dhoho Tv, BUMN yang bersinergi dengan KADIN diraih BPJS Ketenagakerjaan Kediri, OPD bersinergi dengan KADIN diraih Disperdagin Kota Kediri dan Dinkop UMTK Kota Kediri, Perbankan yang fokus penguatan dengan KADIN diraih Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri, Ibu Inovasi Pemberdayaan Perempuan diraih oleh Ferry Silviana Abu Bakar, Penghargaan Khusus kepada Alm.Edit Suwantara sebagai Pembina Klinik UMKM dan Penghargaan Khusus kepada Barenlitbang Kota Kediri. (adv/bad)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *