Peringati Hari Museum, Disbudparpora Kota Kediri Berikan Edukasi Pelajar

Drs. Siswanto. MA. Kepala Museum Nasional, saat menghadiri hari museum nasional di Museum Airlangga Kota Kediri

Kediri- Dalam rangka untuk memperingati hari Museum Indonesia 2019, Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) Kota Kediri mengajak pelajar Kota Kediri untuk berkunjung ke Museum Air Langga di Area Wisata Goa Selomangling, Sabtu (19/10).

Kepala Disbudparpora Kota Kediri Nur Muhyar menjelaskan dalam memperingati hari museum tersebut pihaknya akan menggelar berbagai kegiatan. Mulai dari pameran, lomba mewarnai dan menggambar hingga beberapa kesenian yang digelar di sekitar Museum Air Langga Kota Kediri. “ Sejumlah kegiatan tersebut digelar agar sejumlah pelajar hingga mahasiswa lebih tertarik lagi untuk berkunjung ke Museum,” ujarnya.

Menurutnya berkunjung ke museum itu sangat penting dan bermanfaat bagi pelajar dan mahasiswa. Diantaranya bisa menambah pengetahuan dan informasi, bisa dijadikan referensi visual, mendapat perspektif/sudut pandang waktu yang lebih jelas dan luas, memberikan nuansa berbeda, menimbulkan rasa ingin tahu dan memancing imajinasi anak, bisa berinteraksi dengan banyak dan beragam orang hingga bisa membantu untuk menemukan minat anak. “ manfaat berkunjung ke museum itu banyak, bahkan juga bisa meningkatkan rasa nasionalisme dan kebangsaan,” ujarnya lebih lanjut.

Kepala Disbudparpora Kota Kediri Nur Muhyar bersama puluhan pelajar yang berkunjung ke Museum Air Langga Kota Kediri

Nur Muhyar juga mengaku peran orang tua hingga pemerintah untuk memberikan minat anak untuk berkunjung juga sangat penting. Diataranya untuk orang tua bisa memberikan dongeng-dongeng sejarah kepada anak. Bisa dilakukan menjelang tidur ataupun diwaktu luang. Dan untuk pemerintah diantaranya dengan menggelar berbagai kegiatan di museum agar bisa menarik pelajar dan mahasiswa berkunjung ke Museum.

Pantauan dilapangan dalam kegiatan tersebut Kepala Museum Nasional, Drs Siswanto, MA. Juga ikut hadir, dan juga sejumlah tamu undangan lainnya.

Dilokasi  ratusan pelajar yang berkunjung ke Museum Air Langga tampak menikamati kunjungan dan sejumlah agenda yang telah digelar Disbudparpora Kota Kediri.

Sementara itu dalam acara tersebut Museum nasional dan Meseum Anjuk Ladang juga ikut menggelar pameran di Museum Air Langga agar acara lebih meriah.

Untuk diketahui selain kunjungan museum, juga ada kegiatan lomba mewarnai, pentas barongan, lomba menggambar koleksi, pentas acapella, workshop teater, pameran 12 stand komunitas dan juga pagelaran seni budaya Selomangkleng “Majestic Panji Sekartaji”

“Kita selenggarakan selama tiga hari, mulai 18 -20 Oktober 2019,” pungkasnya. (bad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *