Sempurnakan SKNBI,Lebih Cepat Lebih Murah

Kepala Tim Advisory dan pengembangan Ekonomi KPw BI Kediri, Nasrullah

Kediri- Sebagai wujud untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, Bank Indonesia menyempurnakan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI). Penyempurnaan tersebut mulai berlaku efektif 1 September 2019 mendatang.

Kepala Tim Advisory dan pengembangan Ekonomi KPw BI Kediri, Nasrullah mengatakan ada beberapa hal yang berubah dalam penyempurnaan tersebut.

Diantaranya penurunan biaya dari yang awalnya maksimal Rp 5.000 menjadi maksimal Rp 3.500. “ Hal tersebut bertujuan memberikan layanan transfer dana yang lebih murah bagi masyarakat,” ujarnya Jumat (30/8).

Selain itu periode setelmen layanan transfer dana dan layanan pembayaran reguler dari lima hari sekali menjadi sembilan kali sehari, penyelesaian transaksi (Service Level Aggreement) dipercepat dari maksimal dua jam menjadi maksimal satu jam di masing-masing bank pengirim dan bank penerima.

Kemudian pricing SKNBI yang dikenakan BI kepada peserta untuk layanan transfer dana turun dari Rp 1000 per transaksi menjadi Rp 600,- , pricing SKNBI yang dikenakan peserta kepada nasabah untuk transfer dana turun dari maksimal Rp 5000 menjadi maksimal Rp 3.500,-.

Lalu, capping transaksi berubah dari maksimal Rp 500 juta untuk semua layanan SKNBI menjadi maksimal Rp 1 miliar untuk layanan transfer dana dan layanan pembayaran reguler, dan Rp 500 juta untuk layanan Kliring Warkat dan Layanan Penagihan Reguler.

“Jadi tidak ada cerita lagi kirim uang lewat bank hari ini, sampainya besok pagi. Waktunya lebih cepat, ada juga biayanya yang kami turunkan, dan batas dana transaksinya kami tingkatkan,” ujarnya lebih lanjut.

Bahkan pihaknya mengaku kalau ada bank yang kirimnya telat sampai beberapa hari, bisa diadukan ke pihak BI.(bad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *