Idul Adha, Kedonglo Sembelih 123 Binatang Qurban

Sejumlah santri Ponpes Kedunglo saat mengurusi bianatang qurban sebelum dibagikan kemasyarakat

Kediri- Hari raya Idul Adha 1440 H ini Pondok Pesantren Kedunglo menyembelih binatang qurban sebanyak 123 binatang qurban.

Data yang dihimpun binatang qurban tersebut terdiri dari 114 kambing dan 9 sapi. Penyembelihan dilakukan selama beberapa hari di area pondok pesantren. Yakni mulai 10 Zulhijah atau 11 Agustus hingga hari tasyrik. Yakni tanggal 11,12,13 Zulhijah atau 11,12 dan 13 Agustus.”  Untuk hari pertama kemarin binatang yang disembelih sebanyak 21 kambing dan 2 sapi,” ujar Sodiq Kamsudi selaku Humas Ponpes Kedonglo, Senin (12/8).

Dan untuk hari ini binatang sudah disembelih sebanyak 40 kambing dan 4 sapi. Dan sisanya akan disembelih dikemudian hari. “ Kalau waktu untuk menyembelih selama 4 hari, akan tetapi kalau 3 hari sudah selesai, yang disesuaiakn saja,” ujarnya lebih lanjut.

Menurutnya untuk korban tahun 2019 cukup meningkat pesat apabila dibandingkan tahun sebelumnya. Untuk tahun ini sebanyak 123 binatang qurban,akan tetapi tahun kemarin sebanyak 65 kambing dan 9 sapi.” Peningkatan tersebut setelah kita motivasi kepada jamaah untuk lebih menggalakkan lagi korban sebagai sarana mendekatkan diri pada Allah,” paparnya.

Dan untuk pembagian korban dilakukan secara merata. Mulai dari jamaah hingga lingkungan pondok. “ Totalnya sekitar 4 ribu hingga 5 ribu bungkus yang dibagikan,” terangnya.

Dalam penyembelihan tersebut juga ada sesuatu yang menarik. Yakni kambing kontestan milik jamaah yang juga diqurbankan. “ Padahal kambing tersebut cukup mahal. Harganya sekitar Rp15 juta,” Imbuhnya.

Sebelum dilakukan prosesi qurban sebelumnya juga ada beberapa rangkaian yang telah dilakukan Ponpes Kedunglo. Diantaranya yakni takbir keliling yang diikuti sebagian besar jamaah.Dengan mengendarai sepeda pancal, motor hingga mobil.” Untuk jamaah yang mengikuti takbir keliling se-karisidenan Kediri. Dan tujuannya untuk syiar,” pungkasnya.(bad)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *