Tunjang Kecerdasan Anak, Pemkab Kediri Galakkan Gemarikan

Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan), Rosyidah Masykuri,saat memberikan edukasi pentingnya makan ikan

Kediri- Pemerintah Kabupaten Kediri kini terus berupaya untuk mencerdaskan masyarakatnya. Berbagai upaya sudah dilakukan. Diantaranya yakni menggelar Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

Pantauan dilapangan Gemarakin tersebut diadakan oleh Dinas Perikanan dengan melakukan sosialisasi pentingnya makan ikan. Acara ini bertempat di Desa Pagung, Kecamatan Semen, Selasa (12/3/19).

Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan), Rosyidah Masykuri, mengatakan program Gemarikan merupakan agenda tahunan yang bertujuan memotivasi masyarakat untuk mengkonsumsi ikan secara teratur. Sekaligus memberikan edukasi akan pentingnya sajian menu berbahan dasar ikan guna menunjang kesehatan dan kecerdasan anak.

“Disamping itu, acara Gemarikan ini juga untuk memberikan contoh aneka olahan ikan sebagai variasi manu sehari-hari dalam hidangan keluarga. Sehingga tidak monoton dalam penyajiannya dan anak kita menjadi berselera,” jelas istri Wakil Bupati Kediri ini.

Ditambahkan kembali oleh Rosyidah, dari data Dinas Perikanan, konsumsi ikan warga Kabupaten Kediri berada pada angka 20,3 Kg per kapita per tahun. Hal ini menjadi motivasi agar kita terus berupaya lagi agar angka tersebut dapat meningkat.

“Gemarikan perlu terus digalakkan di masyarakat. Mengingat ikan menjadi sumber protein yang nilai gizinya tinggi. Konsumsi kita dari data Dinas Perikanan 20,3 Kg per kapita pertahun. Semoga dengan usaha kita dapat meningkat lagi angkanya,” tambahnya.

Hadir dalam kesempatan ini jajaran Muspika Kecamatan Semen dan Taman Posyandu wilayah Kecamatan Semen. Kegiatan ini dimeriahkan pula dengan lomba menangkap ikan yang diikuti oleh siswa Paud dan TK Tapos Kecamatan Semen. Acara diakhiri dengan pembagian ikan patin secara gratis kepada seluruh peserta sosialisasi Gemarikan. (bd/Kom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *