Bulog Kediri, Pastikan Stok Beras  Aman

Kepala Bulog Subdivre Kediri, Defrizal, saat menjelaskan terkait stok beras kediri

Kediri- Musim kemarau saat ini  tidak begitu mempengaruhi penyerapan beras di Bulog Sub Drive Kediri. Terbukti stok beras di gudang Bulog Kediri masih banyak.

Kepala Bulog Subdivre Kediri, Defrizal, menerangkan dari 4 gudang yang dimiliki, yakni Gudang Paron, Banyakan, Candirejo dan Kedodong saat ini masih tersedia 13 ribu ton. Dengan jumlah tersebut apabila untuk kebutuhan Bansos Rastra, dengan asumsi kebutuhan sebanyak 2 ton untuk tiga wilayah, meliputi Kota Kediri, Kabupaten Kediri dan Kabupaten Nganjuk maka cukup untuk 6 bulan kedepan. “ Untuk kebutuhan Bansos Rastra apabila sampai Desember kedepan masih aman,” jelasnya.

Bahkan tidak menutup kemunkinan Bansos hanya  berjalan sampai September saja.Apabila itu terjadi  maka stok beras di bulog Kediri dipastikan semakin banyak. Bisa digunakan sampai 10  bulan kedepan. Dengan banyaknya stok tersebut hal itu bisa digunakan untuk mengantisipasi kenaikan beras dengan cara menggelontorkan beras medium kepasaran.

Sementara untuk penyerapan beras di Subdrive bulog Kediri juga bagus. Sudah mencapai hampir 80 persen.Di tingkat Jawa Timur Kediri masuk peringkat tiga “ Dari target penyerapan sekitar 37,5 ribu ton, saat ini sudah terpenuhi sebanyak 29,2 ribu ton,” ujanya lebih lanjut.

Untuk cuaca memang ada pengaruh penyerapan. Yang biasanya satu hari bisa menyerap 150 ton saat ini hanya bisa menyerap sekitar 60 sampai 100 ton.

Meskipun begitu pihaknya optimis kedepan bisa memenuhi target. Mengingat masih ada peluang untuk melakukan penyerapan. ” di Kabupaten Nganjuk masih ada peluang untuk melakukan penyerapan,” Imbuhnya.

Untuk diketahui tidak hanya stok beras saja, akan tetapi untuk komoditi lainya juga cendrung aman. Seperti tepung terigu, minyak goreng dan gula juga masih banyak.(bad)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *