Musim Kering Bupati Berikan Bantuan Air Bersih

Bupati Kediri Hj.Haryanti Sutrisno saat hadir dalam penyerahan air bersih di Desa Kraton

Kediri- Kekurangan air bersih yang melanda Desa Keraton Kecamatan Mojo menjadikan perhatian tersendiri bagi pemerintah Kabupaten Kediri. Untuk menanggulangi masalah tersebut Pemerintah Kabupaten Kediri memberikan bantuan sarana air bersih kepada  warga desa setempat.

Bantuan tersebut diberikan pada Kamis (30/80 siang. Diserahkan langsung oleh Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrino kepada masyarakat Desa Kraton. Bantuan diserahkan secara simbolis melalui Kepala Desa Kraton Taukid yang langsung disambut sukacita oleh seluruh warga yang hadir.

Menurut Taukid, Desa Kraton yang terletak di lereng Gunung Wilis sebenarnya masih bisa memperoleh air dari aliran irigasi walaupun di musim kemarau seperti sekarang ini.

Yang menjadi persoalan adalah saat musim penghujan datang, airnya selalu keruh bercampur lumpur yang dibawa oleh hujan dari Gunung Wilis. Sedangkan saat musim kemarau datang walaupun air tetap mengalir, untuk mencukupi kebutuhan warga sekitar tetaplah kurang, jadi masyarakat sering berebut untuk mendapatkan air tersebut.

“Untuk irigasi sawah warga saja kami menggunakan sistem yang terjadwal agar tidak berebut untuk mengairi sawahnya. Sedangkan untuk minum, mandi dan mencuci sangatlah tidak layak jika dilakukan bersamaan di sungai tersebut,” katanya.

“Saya mewakili warga desa sangat senang dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya karena telah memilih Desa Kraton untuk mendapatkan bantuan ini,” tambah Taukid.

Di waktu yang sama, Kepala Bagian Perekonomian Sampurno mengatakan bantuan sarana air bersih diberikan karena Desa Kraton merupakan daerah yang rawan air. Kalau musim hujan air keruh, tetapi kalau musim kering airnya kroyokan/gantian.

“Dari proposal desa yang disampaikan ke Bupati akhirnya di kesempatan ini bisa direalisasikan untuk kebutuhan masyarakat Desa Kraton. Bantuan yang diberikan untuk kedalaman sumur 102 meter, diberikan sumur bor, ada tandon, sumur listrik, dan sementara masih satu paket bantuan. Semoga dapat bermanfaat bagi warga.,” ujarnya.

Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno dalam sambutannya mengatakan “Alhamdulillah pada hari ini telah diserahkan bantuan sarana air bersih di Desa Kraton Kec. Mojo. Semoga dengan bantuan ini bisa bermanfaat untuk seluruh warga dalam pemenuhan air bersih”.

“Setelah penyerahan ini semoga masyarakat tidak lagi kekurangan air bersih untuk mencuci, minum, memasak dan lain-lain. Selain itu, kita harus menjaga sarana air bersih ini agar tidak rusak dan tetap awet untuk masyarakat,” tambahnya.

“Saya berpesan kepada warga dan perangkat Desa Kraton untuk segera menciptakan desa ini bersih dari BAB sembarangan. Karena ini salah satu hal yang dapat mencemari air dan menyebabkan penularan berbagai macam penyakit,” pesan Bupati. (adv/bad)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *