Tiga Desa di wilayah Trenggqlek Kekurangam Air

Trenggalek
Di musim kemarau tiga Desa Kc Dongko sudah berlaganan kekurangan air.
Musim kemarau telah tiba. Dan berdampak pada sumber atau mata air mulai tidak mampu mengeluarkan debit air. Begitu pula yang terjadi di wilayah Desa Pandean Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek Jawa Timur, mengalami kekeringan.

Kondisi saat ini warga masyarakat yang terkena dampak kekeringan, sangat membutuhkan uluran bantuan dari pemerintah agar mendistribusikan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Dengan kondisi tersebut, Polres Trenggalek Polsek Dongko yang terkenal dengan Patroli Gentong langsung bergerak mendistribusikan air bersih kepada warga yang membutuhkan.

“ Saat ini untuk wilayah Dusun Krajan Desa Padean Dongko benar-benar mengalami kekeringan, yang mana sumber dari mata air tidak ada sama sekali. Sehingga kami bersama anggota atau patroli gentong langsung mendistribusikan air bersih,’’ ucap Kapolsek Dongko AKP Tri Basuki. Rabu (1/7/2018).

Menurutnya, kenapa ini disebut Patroli Gentong. Karena dalam pendistribusian air bersih, Polsek Dongko menggunakan mobil kendaraan dinas Kijang Patroli.

Mobil tersebut, dipasang gentong di belakangnya yang kemudian untuk mengangkut air bersih guna membantu warga yang terkena dampak kekeringan akibat kemarau.

“ Patroli Gentong ini sudah seringkali dilaksanakan, bahkan hampir setiap tahunnya. Mengingat situasi dan kondisi alam atau musim di wilayah Dongko sering terjadi kekeringan,’’ imbuhnya.

Dan juga kegiatan ini di laksanakan, lanjut AKP Tri Basuki, sebagai wujud kepedulian Polisi terhadap sesama dengan harapan masyarakat menjadi lebih tenang dan nyaman.

Perlu diketahui, tambahnya, bahwasanya pengisian air Patroli Gentong itu di ambil dari mata air yang berada di Desa Sumberning. Dengan jarak antara lokasi pengiriman dan mata air itu sejauh sekitar 14 kilometer.

“ Begitu mobil kendaraan Patroli Gentong tiba langsung diserbu masyarakat yang akan mengisi air bersih dengan jerigen bawaannya. Kami sangat bersyukur bisa membantu masyarakat yang terkena dampak kek eringan dengan mendistribusikan air bersih,’’pungkasnya.(ko).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *