Paskibraka Nganjuk Digembleng Semi Militer

Salah satu peserta anggota Paskibraka, Elen Obiyani Setianingrum, didampingi salah satu pelatihnya, Kemarin .

NGANJUK-  Jelang kemerdekaan HUT RI  bulan depan, puluhan pelajar calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Nganjuk, tak hanya digembleng fisiknya saja, tapi juga diuji ketahanan mentalnya. Meski beberapa pelajar nyaris tidak kuat dalam latihan fisik, namun mereka tetap bersemangat hingga akhir latihan.

Pantaun di lapangan, nampak aksi para calon Paskibraka yang terdiri dari siswa dan siswi se-Kabupaten Nganjuk yang mengikuti sesi latihan ketahanan fisik dan mental ala semi militer.

Dengan berbaris dan menyanyikan lagu nasional, para pelajar ini berjalan menyusuri sungai berlumpur di lingkungan Mangundikaran, Kecamatan Nganjuk. Meski bau tak sedap dan air yang kotor dilalui. Namun, mereka tetap bersemangat menjalani ujian satu persatu.

Tak jarang, calon paskibraka Putri yang baru pertama dan lolos seleksi ini nyaris pingsan karena kerasnya latihan. Tak hanya uji ketahanan mental dan fisik, pelajar yang lolos seleksi ini dibekali latihan baris berbaris, kecakapan dan kerapian yang diberikan pembina dari unsur TNI, Polri dan Satpol PP.

Setelah berhasil melalui latihan fisik dan mental, kelelahan mereka pun terbayar dengan dinobatkan sebagai calon paskibraka yang ditandai oleh penyiraman air kembang dan disemprot water canon.

Meski berat , salah satu siswi mengaku senang dan tetap semangat hingga dinobatkan sebagai calon paskibraka, “ saat menjalani ujian di lapangan, saya sempat merasa mual dan ingin muntah. Tapi, saya berusaha untuk menahan dan melanjutkan ujian sampai selelesai, “ ungkap, salah satu peserta calon Paskibra, Elen Obiyani Setianingrum, saat ditemui usai menjalani rangkain ujian, Kemarin.

Saat ditanya, kanapa memilih menjadi seorang anggota Paskibra? Dia mengaku, bahwa keinginan kuat untuk menjadi seorang anggota Paskibra adalah biar menjadi anak yang disiplin dan menjadi lebih baik dari yang sebelumnya.

Kasatpol PP, Abdul Wakid

Sementara itu, Kasatpol PP Nganjuk, Abdul Wakid mengatakan ada sebanyak tujuh puluh dua siswa siswi berhasil lolos seleksi menjadi calon anggota paskibraka. Diharapkan dengan diadakanya latihan., mereka bisa sukses melaksanakan pengibaran dan penurunan bendera merah putih saat upacara HUT kemerdekaan nanti.

Abdul Wahid  juga membenarkan adanya peserta calon anggota Paskibra, yang pingsan saat latihan berlangsung.  Pihaknya menilai, boleh jadi  karna peserta tersebut terbiasa dimanja dan tidak pernah berhadapan dengan orang-orang yang bernada tinggi.

“ Ada peserta calon anggota Paskibra, yang pingsan saat menjalani latihan. Mungkin karena, dia  belum  terbiasa dengan kata-kata keras dan kegiatan-kegiatan berat, seperti naik turun gunung, menyusuri pesawahan dan sunggai,” jelasnya.

Kendati demikian, secara keseluruhan kegiatan pelatihan bagi para calon anggota Paskibra di Nganjuk, berjalan dengan lancar dan sukses. (an/set)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *