Gelar PADHANG BULAN di HUT ‘Wahyu Kridha Budoyo’

 

ATRAKTIF : Salah satu grup Kesenian Jaranan yang tergabung dalam ‘WAHYU KRIDO BUDOYO’ saat tampil di pagelaran Padhang Bulan di lapangan Gajah Mada (5/2018)

KEDIRI – Paguyuban Jaranan Wahyu Krida Budoyo Kota Kediri, menggelar Pagelaran Padhang Bulan untuk memperingati HUT ke -12 (Mei/2018) di lapangan Gajah Mada Kecamatan Pesantren, Kota Kediri.  Tak ayal, pagelaran itu dipadati masyarakat hingga ribuan orang, karena kesenian jaranan merupakan kesenian khas masyarakat Kediri yang kini terus berkembang di masyarakat. Acara ini didukung penuh Pemerintah Kota Kediri melalui Disbudparpora bertajuk ‘PAGELARAN SENI PADHANG BULAN’.

Kepala Disbupparpora Kota Kediri, Nur Muhyar, mengatakan Pemerintah Kota Kediri berusaha selalu memfasilitasi setiap kegiatan kesenian tradisional, terutama jaranan, karena merupakan budaya asli Kediri yang perlu dilestarikan. Selain itu  juga mengenalkan kesenian tradisi kepada warga, khususnya generasi muda. “Pagelara ini merupakan bagian dari upaya kita untuk melestarikan kesenian jaranan,”ujarnya.

Nur Muhyar menjelaskan, saat ini komunitas Jaranan di Kota Kediri yang sudah terdata  pada Disbudparpora mencapai ratusan  komunitas. Setiap kelurahan memiliki komunitas seni jaranan masing-masing. Bahkan ada satu kelurahan yang memiliki tiga grup jaranan. Jumlah kelurahan hanya 46, tetapi jumlah grup kesenian jarana mencapai seratus lebih.  “Jumlahnya cukup banyak, harus kita  kelola dengan baik,”katanya.

Bukan itu saja. Sebagai salah satu kesenian asli Kediri, kesenian Jaranan Kota Kediri sering diundang untuk tampil di Taman Mini Indonesia Indah ( TMII ) Jakarta. “Agenda tersebut merupakan agenda tahunan untuk mengenalkan kesenian asli daerah ke nusantara,” pungkas Nur Muhyar

Untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan, anggota Polsek Pesantren, Polres Kediri Kota,  Babinkamtibmas, dan aparat lain ikut diterjunkan untuk menjaga agar situasi kondusif selama pagelaran berlangsung.  “Kami sampaikan pesan Kamtibmas terhadap pemain agar menjauhi narkoba, miras dan tetap semangat. Alhamdulillah, acara berlangsung meriah aman terkendali,” kata Kasie Humas Polsek Pesantren, Aiptu Sartono. (bd/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *