LKPJ Bupati Kediri Sepi Pejabat

Rapat Paripurna LKPJ Bupati yang sepi pejabat

Kediri- Rapat Paripurna Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Kediri tahun anggaran 2017 sepi pejabat. Baik itu eksekutif maupun legeslatif.

Pantauan dilapangan dalam rapat tersebut Bupati Kediri, Wakil Bupati Kediri, Sekretaris Daerah (Sekda) absen semua. Dari Pemkab hanya diwakili oleh asisten satu. Selain itu Ketua DPRD sendiri juga tidak hadir. “ dari pimpinan dewan hanya diwakili Oleh Muhaimin yang belum lama kemarin baru dilantik,” ujar Ketua Fraksi Namdem kabupaten Kediri Antox Prapungka Jaya, Selasa (1/5).

Fraksi Nasdem merasa kecewa lantaran banyaknya pejabat yang tidak hadir. Padahal rapat paripurna tersebut sangat penting. Sekaligus bupati bisa mendengarkan saran  dan pendapat dari anggota DPRD Kabupaten Kediri.

Dari data LKPJ Bupati 2017 telah diketahui jumlah Silpa (anggaran tidak terserap masih tinggi). Yakni mencapai Rp 473 miliar. Selain itu angka kemiskinan juga terus melonjak dari jumlah fakir miskin 2015 sebesar 52.955. Jumlah itu melonjak pada 2016 sebesar 483.349 dan bertambah lagi pada 2017 sebesar 575.293.

Banyaknya Silpa tersebut hampir merata di semua satuan kerja perangkat daerah SKPD. Dan diantaranya yang paling banyak di Kantor Dinas PUPR.

Hal itu menurutnya dikarenakan beberapa sebab.Diantaranya masih banyaknya Kepala SKPD yang masih berstatus pelaksana tugas (Plt). Diketahui  paling tidak 18 Pejabat Plt di Pemerintah Kabupaten Kediri. Dan hal itu sangat mempengaruhi kinerja pemerintah Kabupaten Kediri. “Pejabat Plt ini hanya menjalankan tidak dapat mengusulkan secara langsung,” ujarnya lebih lanjut.

Oleh karena itu Fraksi Nasdem mendorong agar Pemerintah daerah melaksanakan tiga pilar tatakelola pemerintahan yangg baik. Yakni Perencanaan yangg partisipatif, Penganggaran yangg transparan dan Akuntabilitas publik

Selain itu Bupati juga harus memiliki program peningkatan sumber daya manusia yang terstruktur.  Dan terkhir DPRD meminta kepada pemerintah daerah agar pada tahun 2019 memprioritaskan menanganan kemiskinan di Kabupaten Kediri.(bd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *