HKBN 2018 BPBD Kota Kediri Gelar Apel Siaga

BPBD Kota Kediri saat gelar Apel Siaga


Kediri- Dalam rangka menyambut Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2018 , BPBD Kota Kediri, Kamis (26/4) Pagi menggelar apel siaga.Acara tersebut di gelar di Lapangan Gajah Mada Pesantren Kota Kediri.

Apel Siaga tersebut diikuti sebanyak 300 peserta. Mulai dari TNI,Polisi,KNPI,Banser,Pemuda Anshor, Gergatin,PMI,dan sejumlah lembaga maupun organisasi lainnya yang ada di Kota Kediri.

Dalam acara tersebut juga dilakukan demo longsor yang diperagakan oleh Gergatin.Mulai dari penolongan tahap pertama korban hingga proses mengevakuasi korban bencana.

Bertindak sebagai inspektur upacara Mandung Sulaksono selaku Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Kediri memberikan sambutan dihadapan peserta upacara. Pada saat menyampaikan sambutan, Mandung mengajak seluruh OPD di lingkup Pemerintah Kota Kediri untuk bisa mengalokasikan anggaranya dalam kegiatan latihan kesiapsiagaan melalui simulasi evakuasi mandiri minimal satu tahun sekali, serta dapat membentuk tim siaga bencana dilingkungan perkantorannya masing-masing.

Selain itu, Mandung juga menghimbau seluruh komunitas dan lembaga agar mengubah paradigma penanggulangan bencana yang selama ini bersifat reaktif, reponsif beralih kepada penanggulangan bencana yang bersifat preventif yaitu dengan membuka ruang yang lebih luas terhadap kegiatan-kegiatan resiko bencana.

Sebagai informasi, dari data kejadian tahun 2017 dari 2341 kejadian bencana yang terjadi di Indonesia sekitar 413 kejadian bencana terjadi di Jawa Timur di mana sekitar 97% atau 399 kejadian bencana di dominasi oleh banjir, longsor, angin putting beliung, kebakaran hutan. di Kota Kediri yang terdampak bencana terdiri dari bencana banjir sebanyak 150 rumah serta kemarin tahun 2017 angin kencang , puting beliung sebanyak 65 rumah sedangkan bencana kebakaran sebanyak 8 rumah.(bd)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *