Gandeng PT Qlue Performa Indonesia untuk Tingkatkan Pelayan

gadeng PT Qlue Performa Indonesia

Trenggalek-Pemerintah Kabupaten Trenggalek saat ini resmi menggandengan PT Qlue Performa Indonesia, untuk meningkatkan pelayanan publik. Aplikasi Qlue berbasis android ini akan memudahkan warga Trenggalek untuk melaporkan berbagai persoalan.

Aplikasi ini bisa diunduh bebas di Google Playstore.   Saat peluncuran aplikasi ini di Pendhapa  Manggala Praja Nugraha, Kamis 12/4/2018) siang, Plt Bupati Trenggalek, Mochammad Nur Arifin sempat mengunduh langsung aplikasi ini.

Gus Ipin, panggilan akrabnya, juga memraktikkan langsung penggunaan aplikasi ini. “Masyarakat tidak perlu datang ke kantor, tidak perlu banyak ketik. Cukup foto dan pilih label, tinggal klik sudah terkirim,” terang Gus Ipin.

Lanjut Gus Ipin, Qlue bukan hanya sebuah sistem pelaporan persoalan pelayanan publik. Namun Pemkab Trenggalek juga sudah menyiapkan pasukan khusus yang siap merespon setiap laporan..

Gus Ipin menyebutnya Qlue Warrior atau Pasukan Qlue. Mereka dibagi dalam enam pasukan dengan ciri khas warga rompi masing-masing.

Pasukan pink untuk masalah sosial, pasukan putih untuk masalah kesehatan, pasukan oranye untuk masalah insfrastruktur dan kebencanaan, pasukan biru untuk keamanan dan kertiban, pasukan kuning untuk masalah kebersihan serta pasukan merah untuk menindaklanjuti dokumen kependudukan.

“Di luar enam pasukan itu, ada pasukan bayangan. Kerjanya secara tertutup, tidak menggunakan rompi (seragam),” tutur Gus Ipin.

Pasukan bayangan ini bertugas mengawasi pembangunan dan pungutan liar.Lewat aplikasi ini bupati bisa melihat setiap laporan, apakah sudah ditindaklanjuti atau belum, serta kecepatan respon setiap laporan.

Untuk tahap awal, Qlue akan diuji coba enam bulan ke depan. Diharapkan penerapan selama enam bulan percobaan ini bisa mengetahui kendala di lapangan. “Selama enam bulan kita identifikasi masalah sesuai kondisi Trenggalek. Dari identifikasi masalah itu  kita mantapkan penggunaan Qlue,” tegas Gus Ipin.

Terkait pasukan yang sudah dilatih secara khusus, mereka diambil dari tenaga honorer dan tenaga harian lepas.

Gus Ipin berjanji akan memperhatikan kinerja pasukan yang sudah disiapkan ini.  Jika kinerja mereka buruk, maka akan lekas diganti.(eko)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *