Disbudparpora Brangkatkan Duta Seni Budaya

Kepala Disbudparpora saat memberi pengarahan pada duta seni budaya

Kediri-Untuk memperkenalkan seni budaya Kota Kediri, dinas Kebudayaan, pariwisata,pemuda dan olahraga (Disbudparpora)  Jumat (16/3) pagi memberangkat duta seni budaya ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Acara tersebut diselenggarakan selama dua hari. Yakni Mulai Sabtu hingga Minggu(17-18/3).

Pantauan dilapangan duta seni budaya tersebut diberangkatkan langsung oleh Kepala Disbudparpora Kota Kediri Nur Muhyar. Pemberangkatan dari kantor Disbudparpora. Sebelum pemberangkatan Nur Muhyar berpesan, agar di TMMI bisa tampil maksimal, karena membawa nama baik Kota Kediri.

Ketua Disbudparpora Kota Kediri Nurmuhyar menjelaskan, untuk duta seni budaya yang diberangkatkan yakni sanggar Guntur dan Sanggar Panoleh. Jumlah duta yang diberangkat beserta tim official totalnya sebanyak 105 orang. Pemberangkatan tersebut menggunakan dua armada bus.” Harapanya Kota Kediri melalui duta seni dan budaya bisa lebih dikenal oleh daerah-daerah lain,” ujarnya.

Nur Muhyar juga mengaku,untuk pemberangkatan duta seni budaya memang dilakukan secara bergiliran. Dan kebetulan yang saat ini berangkat adalah Sanggar Guntur dan Sanggar Panoleh.” Biar merata kita lakukan bergiliran untuk sanggar yang diberangkatkan,” ujarnya lebih lanjut.

Di TMII sanggar Panoleh berencana menampilkan seni jaranan yang dikolaborasikan dengan reog. Selain itu ditengah-tengah penampilan seni jaranan reog tersebut juga disisipi Joke-Joke (Lelucon) yang bisa menghibur penonton.” Itulah munkin salah satu kelebihan Jaranan dan Reog Khas Kota Kediri,” imbuhnya.

Sementara untuk Sanggar Guntur rencana akan menampilkan seni tari, keroncong dan campur sari.” Untuk Sanggar Panoleh akan tampil di hari Sabtu, sementara Sanggar Guntur akan tampil di hari minggu,” Pungkasnya.(bd)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *