Peringati Hari Amal Bakti, Kemenag Kab.Kediri Gelar Upacara

Peringatan Hari Amal Bakti ke -72 di Lap. Candra Birawa

Kediri- Untuk memperingati hari amal bakti (HAB) yang ke -72 Kemenag Kabupaten Kediri menggelar upacara. Acara tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Kediri, para siswa madrasah, guru, maupun pegawai di lingkungan kerjanya. Dalam perhelatan yang ke 72 ini Kemenag mengusung tema tebarkan kedamaian yang merupakan pesan universal untuk semua agama kepada umat manusia.

Upacara hari amal bakti kemenag ke 72 ini diikuti oleh para siswa mulai dari madrasah ibtidaiyah, madrasah tsanawiyah, madrasah aliyah hingga perguruan tinggi. Tak hanya itu, para guru dan pegawai kantor urusan agama (KUA) maupun pegawai Kemenag juga turut andil dalam perhelatan yang digelar di Stadion Chanda Bhirawa Pare tersebut rabu (3/1).

Dari pantauan di lapangan, upacara dimulai pukul 08.30 pagi dan sebagai inspektur upacara adalah Bupati Kediri dr. Haryanti Sutrisno. Dalam sambutannya membacakan amanat dari Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin mengatakan hari ini merupakan hari paling membanggakan bagi keluarga besar Kementerian Agama. Pada 3 Januari 1946, Kementerian Agama resmi berdiri sebagai bagian dari perangkat bernegara dan berpemerintahan. Pada hari itu pula Indonesia mengukuhkan sebagai negara yang pertama kali memiliki kementerian di bidang agama.

Kementerian Agama hadir untuk mengatur, membimbing, melayani serta melindungi semua pemeluk agama di dalam negara kesatuan Republik Indonesia. Pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Agama menyertai denyut nadi kebangsaan kita. Kementerian Agama bertugas sebagai pengawal dasar negara yaitu Pancasila yang di dalamnya mengandung nilai-nilai agama dan mencerminkan jati diri bangsa Indonesia

Sementara itu, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kediri Suryat Abdullah mengatakan setiap tanggal 3 januari memang diperingati hari amal bakti kemenag.

“Kali ini upacara bendera mengambil tema tentang bersih melayani tebarkan kedamaian sehingga pelayanan kemenag akan lebih baik dan lebih baik lagi. Selain upacara juga akan ada jalan sehat pada 6 januari di MAN 3 Kabupaten Kediri di Kandangan.

Sesuai catatan sejarah, Kementrian Agama berdiri pada 3 Januari 1946. Lembaganya kala itu resmi menjadi bagian dari perangkat bernegara dan berpemerintahan. (dw/bd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *