Peduli Lingkungan, BI Kediri Tanam Ribuan Kopi

Kepala BI Kediri Djoko Raharto saat menyerahkan bantuan ribuan bibit tanaman kopi secara simbolis

Kediri-  Sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPW BI) Kediri melakukan penanaman ribuan tanamana kopi. Penanaman tersebut dilakukan di lereng Gunung Wilis, tepatnya di kawasan Wisata air terjun irenggolo Kabupaten Kediri, Kamis (28/12).

Pantauan dilapangan penanaman tersebut dipimpin langsung oleh kepala KPW BI Kediri Djoko Raharto. Dan juga dibantu oleh generasi Baru Indonesia (GenBI) , yakni sejumlah mahasiswa yang mendapat beasiswa dari KPW BI Kediri. Selain itu juga dibantu oleh  Perhutani dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) setempat.

Kepala KPW BI Kediri Djoko Raharto menjelaskan jumlah kopi yang ditanam sebanyak 7500 tanaman. Sementara jenis tanamanya adalah kopi arabica yang bersertifikat dari Jember. “ Kita tidak hanya melakukan penanaman kopi saja, akan tetapi juga mendidik petani untuk budidaya kopi dan paska panennya,” ujarnya.

Pemilihan tanaman kopi tersebut sudah berdasarkan kajian dari BI Kediri. Yakni di daerah tersebut kebetulan sudah ada tanaman kopi tinggal memperbaki kwalitasnya. Dengan menanam tanaman kopi juga diharapkan bisa menjadikan penguatan ekonomi lokal.

Penanaman ribuan bibit kopi arabica tersebut, merupakan kelanjutan dari program pengembangan klaster Local Economic Development (LED) kopi yang berlokasi di kawasan Irenggolo Kediri, Sendang Tulungagung, serta Medowo Kediri. Bahkan hingga kini, sudah tertanam lebih dari 15 ribu batang pohon kopi baru bersertifikat, melengkapi pohon kopi yang sudah ada.

Dijelaskan, khusus pasca panen tersebut, kelompok tani juga telah diberikan bantuan perbaikan tempat pengolahan kopi, disertai dengan pemberian bantuan seperangkat mesin pengolah yang dapat meningkatkan kualitas hasil dari produk akhir kopi.(bad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *