Sukseskan Pilkada, LSM Bekerjasama KPU Nganjuk Gelar Rembuk bareng Wartawan

Puluhan wartawan saat berembuk bareng dengan KPU Kab, Nganjuk, di Griya makan Bu. Ucik Jln. Moh yasin, Nomor 27, tepatnya di Kelurahan Bogo, Kecamatan Nganjuk, Kabupaten. Nganjuk.

NGANJUK – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Mitra Bangsa bekerjasama dengan KPU Kabupaten Nganjuk, menggelar sosialisasi tahapan Pilkada 2018, bertajuk rembuk bareng wartawan. Tujuannya, yakni untuk meningkatkan partisipasi pemilih di setiap tahapan Pilkada. Selain itu, terjalin sinergitas antara KPU Kab. Nganjuk dengan media dan pers dengan baik demi memberikan informasi yang benar  dan tepat  kepada masyarakat.

Ketua umum LSM  Mitra Bangsa, Munjidul Ibad, yang juga sebagai penyelengara kegiatan ini mengatakan, bahwa media dan pers merupakan salah satu pilar demokrasi. Sehingga, peran dan kontribusi pers terhadap pesta demokrasi sangat penting.

Dengan melalui peran tersebut, nahkoda lembaga ini menilai, selain akan menjadi ujung tombak sosialisasi tahapan Pilkada, media dan pers juga ikut aktif melakukan pendidikan politik, yaitu membantu masyarakat menentukan pilihan politik mereka.

“ Kesuksesan Pilkada Nganjuk 2018 patut menjadi prioritas utama. Karena, tidak hanya sebagai ajang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati saja. Namun, itu bagian daripada bentuk edukasi atau pembelajaran demokrasi,”  ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Nganjuk, M. Agus Rahman Hakim, SH,  mengakatakan, pers dan media merupakan elemen strategis yang patut diajak berdiskusi atau ngobrol bareng, terkait bagaimana sosialisasi yang efektif kepada masyarakat.

Yang ke dua, masih kata Agus Rakman, pers dan media mememiliki peran penting dalam menyebarluaskan informasi atau sosialisasi mengenai proses dan ketentuan Pilkada. Antara lain,  kinerja peserta pemilu, hak dan kewajiban pemilih.

Terlebih, pihaknya menambahkan, pers juga berperan penting dalam melakukan kontrol atas pelaksanaan Pilkada, dengan melaporkan praktik-praktik curang, sejak tahap pendaftaran pemilih hingga penghitungan suara.

“ Harapan kami, dengan kegiatan ini (rembuk bareng wartawan-red) dapat memberikan edukasi pemilih dan penyadaran masyarakat. Selain itu, juga dapat menginforamsikan tahapan-tahapan Pilkada Nganjuk 2018 mendatang ini, dapat tersampaikan secara utuh,  dan mencerdaskan masyarakat, “ harapnya.

Makanya, KPU Kab Nganjuk, berinisiatif mengajak kalangan media dan pers untuk berdiskusi bersama. Terlebih, pihaknya berharap agar diberi masukan, saran hingga kritik membangun.

“ Sehingga KPU Kab. Nganjuk, bisa segera berbenah diri, tat kala ada sosialisasi tahapan Pilkada yang dirasa perlu dilakukan perbaikan. Mumpung masih ada sisa waktu, “ tandasnya.

Kegiatan ini berlangsung di Griya makan bu. Ucik Jln. Moh yasin, Nomor 27, tepatnya di Kelurahan Bogo, Kecamatan Nganjuk, Kabupaten. Nganjuk, Rabu 20 desember 2017 yang dihadiri puluhan wartawan. Hadir pula sebagai narasumber yakni ketua KPU Kabupaten Nganjuk, Agus rahman hakim sh. (Abid/kp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *